Jumat, 26 Desember 2014

Menata Rumah Mungil

Dalam menata rumah yang mungil (kecil)  tidaklah sulit selama Anda tahu bagaimana menyiasatinya, sehingga rumah akan tetap terasa nyaman untuk ditempati. Rumah mungil (kecil) dengan luas sekitar 100 meter persegi dengan lahan terbatas akan tetap menarik ketika Anda berusaha mendesain rumah Anda dengan pengolahan ruang yang sesuai dengan fungsinya. Karena kebutuhan akan ruang di dalam rumah mungil (kecil) harus diatur secara efektif dan efisien.

Ada beberpa Tip & Trik  cara menata rumah mungil (kecil) yang bisa dijadikan pertimbangan pada saat akan mengisi ruangan tersebut dan  berikut  Tip & Trik nya :

1. Manfaatkan Ruang dengan Efisien

Sebagai Langkah awal cobalah cermati ruang-ruang kosong yang ada di rumah, manfaatkan untuk meletakkan barang. Misalnya di bawah tangga, Anda dapat menempatkan perabotan atau perkakas atau sebagai storeage atau bisa juga di bawah wastafel untuk menyimpan barang. 

Contoh : Pemanfaatan Ruangan
2. Faktor Pencahayaan dalam Ruangan

Sinar cahaya lampu yang dapat dimanfaatkan berwarna kuning dan putih. Cahaya lampu berwarna kuning memberi kesan lebih hangat, alami, dan romantis. Sementara cahaya lampu berwarna putih memberi kesan formal, luas, dan bersahabat. Perhatikan juga jarak penempatan lampu di tiap ruangan. 

Contoh : Pencahayaan Ruangan

3. Atur Letak Jendela dan Tepat Memilih Kaca

Peletakan jendela harus tepat posisinya, begitu juga pemakaian kaca di dalam rumah dapat membuat rumah terlihat lebih luas. Pakailah ukuran jendela yang tidak besar dan kaca tidak bermotif. Jendela harus dipasang dengan posisi yang tepat agar dapat menyerap sinar matahari, memberi kehangatan, dan membantu sirkulasi udara didalam ruangan rumah mungil (kecil).

Contoh : Tata Letak Jendela & Kaca

4. Cat Dinding dengan Warna Terang

Cobalah untuk memilih warna-warna terang untuk dinding, pasalnya warna gelap akan memberi kesan ruangan lebih sempit dan lesu, atau bisa juga memakai wallpaper untuk sebagai opsi atau pilihan lainnya. untuk wallpaper pilihlah yang bermotif ringan dan berwarna lembut. Motif misalnya garis tipis atau kotak tipis. Tujuannya untuk mengistirahatkan pandangan mata atau kenyamanan pandangan terhadap ruangan yang terbatas.

Contoh : Penggunaan Wallpaper pada Ruangan

5. Pemilihan Furniture

Sebaiknya memilih furniture dengan desain sederhana. Pilih juga warna furniture yang lembut. Tujuannya agar menghasilkan efek luas dan ringan. Sebagai sentuhan alam, masukkan unsur-unsur alam seperti tanaman dalam pot atau bunga di dalam rumah, untuk menambah suasana nyaman dalam ruangan yang terkesan sempit.

Contoh : Furniture untuk Ruangan Mungil (Kecil)

6. Pakailah Cermin

Cermin dapat dipasang pada sudut ruangan tertentu di dalam rumah. Seperti diketahui, kegunaannya selain untuk bercermin dapat juga dijadikan untuk menyiasati ruang yang sempit agar terkesan luas. Cermin tidak perlu terlalu besar dan terlalu banyak, gunakan secukupnya menurut idealnya saja dalam pemakaian atau pemasangan cermin dalam ruanga yang mungil (kecil).

Contoh : Pemakaian Cermin Untuk Kesan Luas

Itulah Tip & Trik seputar penataan untuk mensiasati rumah mungil (kecil), agar tidak terkesan sempit dengan penempatan furniturenya. Untuk yang mau mencari furniture yang unik & cantik, bisa coba dicari di KARYA AGUNG Furniture Centre yang berlokasi di daerah Bogor & Cibubur, karena disana kita bisa melihat langsung display atau tampilan furniture yang sudah di set dengan ruangan rumah seperti : Ruang keluarga (Living Room), Ruang Makan (Kitchen Room), Ruang Tidur (Bedset Room) dan lain sebagainya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar